Manfaat Bernyanyi

Salah satu aktivitas yang paling banyak disukai orang adalah bernyanyi. Tak peduli apakah suaranya pas-pasan dan sama sekali tidak memiliki kemampuan bernyanyi, orang akan tetap senang bernyanyi. Bernyanyi memang merupakan kegiatan yang menyenangkan. Hampir sebagian besar dari kita pun tentunya pernah menjadi seorang penyanyi, meski hanya di kamar mandi.

Bila kamu memiliki hobi dan kebiasaan menyanyi. Teruskan kebiasaan tersebut. Bila beruntung kamu bisa menjadi seorang penyanyi profesional dan mendapatkan banyak rupiah dari aktivitas itu. Andaikan pun tak menjadi seorang penyanyi profesional, bukanlah sebuah alasan bagimu untuk berhenti bernyanyi. Terus lakukan hobimu itu karena bernyanyi ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaatnya? Berikut 10 manfaat bernyanyi bagi kesehatan manusia:

  1. Bernyanyi baik untuk kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian Professor Graham Welch, seorang Profesor dari sekolah musik di Institut Pendidikan, Universitas London, Inggris, bernyanyi ternyata merupakan kegiatan yang sangat menyehatkan. Graham yang telah 30 tahun meneliti manfaat menyanyi bagi kesehatan mengatakan bahwa bernyanyi dapat menyehatkan jantung dan paru-paru. Mengapa, karena bernyanyi merupakan sebuah aktivitas aerobik yang mampu meningkatkan pasokan oksigen ke aliran darah di seluruh tubuh dan meningkatkan efisiensi sistem kardiovaskular (jantung).
  2. Bernyanyi juga dapat meningkatkan tingkat kewaspadaan seseorang karena aliran oksigen yang lebih lancar ke seluruh tubuh.
  3. Bernyanyi merupakan olahraga bagi otot tubuh. Saat bernyanyi, hampir sebagian besar otot-otot di sekitar perut (diafragma) akan bekerja dan ini dianggap sebagai latihan yang sangat baik untuk otot tubuh bagian atas. Latihan vokal melibatkan latihan pernafasan dan latihan pada otot jantung dan paru-paru.
  4. Selain memberikan manfaat bagi kesehatan fisik seperti yang sudah disebutkan di atas, bernyanyi juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan psikis dan psikologis sesesorang. Dengan bernyanyi, maka perasaan seseorang akan menjadi terekspresikan, menjadi lebih lega, dan lebih semangat lagi.

    Menyanyi juga dapat menjadi “teman” yang bisa memperbaiki mood. Bernyanyi juga merupakan media yang efektif untuk mengekspresikan apa yang sedang dirasakan seseorang. Biasanya saat sedang sedih atau galau, orang akan suka menikmati dan menyanyikan lagu-lagu yang mewakili perasaannya tersebut. Begitu pula sebaliknya, saat sedang ceria dan gembira, orang cenderung enggan menikmati dan menyanyikan lagu-lagu sedih karena merasa tidak sesuai dengan apa yang dirasakannya saat itu.

  5. Aktivitas bernyanyi juga terbukti mampu membangkitkan semangat dan menurunkan tingkat stress melalui kerja sistem endokrin tubuh kita yang berhubungan dengan perasaan merasa nyaman dan lebih baik. Menyanyi mampu membuat perasaan menjadi lebih baik karena dilepaskannya hormon endorfin keseluruh tubuh saat kita bernyanyi. Makanya jangan heran mengapa banyak orang yang sering bernyanyi atau berkaroke ria untuk menghilangkan stress dan kepenatan.
  6. Karena efeknya yang baik bagi kesehatan fisik dan psikologis tersebut, bernyanyi juga dianggap dapat memperpanjang usia. Hal ini berdasarkan hasil sebuah studi gabungan yang dilakukan oleh sekolah Harvard dan Yale, Amerika dimana mereka menyimpulkan bahwa bernyanyi dapat meningkatkan angka harapan hidup karena memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental manusia.
  7. Bernyanyi dapat membersihkan sistem pernafasan dan sinus. Aktivitas aerobik dari bernyanyi memberikan manfaat positif bagi sistem pernafasan. Aliran udara yang meningkat pada saluran pernapasan bagian atas ketika kita bernyanyi akan menurunkan kemungkinan bakteri untuk berkembang di sana sehingga saluran pernapasan akan menjadi lebih bersih dan sehat. Dari sisi ini, bernyanyi juga dapat bermanfaat untuk mengurangi (menghilangkan) gangguan mendengkur.
  8. Studi terbaru juga menunjukkan bahwa bernyanyi dapat meningkatkan fungsi neurologis (saraf).
  9. Bernyanyi dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Menurut sebuah studi yang dilakukan di Universitas Frankfurt, Jerman yang juga sudah diterbitkan di US Journal of Behavioral Medicine, disebutkan bahwa menyanyi dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Para peneliti melakukan tes darah pada anggota kelompok paduan suara profesional di Frankfurt. Tes darah dilakukan 60 menit sebelum dan sesudah latihan bernyanyi. Dari penelitian tersebut, diperoleh bahwa konsentrasi imunoglobulin A, protein yang ada dalam sistem imun tubuh manusia yang berfungsi sebagai antibodi ternyata meningkat cukup signifikan selama latihan vokal berlangsung.
  10. Bernyanyi juga bermanfaat sebagai terapi. Terapi apa saja?
    • Menyanyikan vokal a pendek misalnya ahh selama 2 – 3 menit dapat membantu mengusir kegundahan. Menyanyi akan melepaskan oksigen keseluruh tubuh, melepaskan hormon endorfin yang bisa memperbaiki mood.
    • Menyanyikan vokal (suara) e panjang dapat menstimulasi kelenjar pineal, kelenjar yang mengontrol jam biologis tubuh manusia dan dapat meningkatkan kewaspadaan.
    • Menyanyikan suara e pendek dapat menstimulasi kelenjar tiroid yang dapat mensekresi hormon yang mengatur kecepatan sistem pencernaan dan sistem lain dalam tubuh.
    • Menyanyikan suara o panjang di lautan dapat menstimulasi pankreas yang mengatur gula darah. Hal ini berarti menyanyi juga dapat menurunkan kadar gula darah.
    • Menyanyikan suara double O (O dua kali) dapat memperkuat imunitas dan mengaktifkan limpa yang mengatur produksi sel darah putih.

Wow, luar biasa juga ya ternyata manfaat bernyanyi. Jadi, bila ada seseorang yang sedang semangat-semangatnya bernyanyi, jangan dilarang. Se-fals atau sesumbang apapun nada yang dihasilkannya, biarkan ia tetap bernyanyi. Paling, kamu hanya perlu menutup kuping atau pergi menghindar bila memang benar-benar tidak tahan dengan suara-suara “mengganggu” yang dihasilkannya.

Nah, bagi kamu yang kurang suka bernyanyi, tidak ada salahnya mulai saat ini melakukan kebiasaan baik tersebut, karena bernyanyi ternyata sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Tetap sehat dan selamat bernyanyi.. :-)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s